Sampurasun Beas Perelek dan Permaianan Tradisional : Projek P5

Kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada dasarnya adalah mengembangkan siswa yang berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dari lingkungan sekitar, salah satunya adalah kearifan lokal yang terdapat di daerahnya. Kehadiran pelajar di wilayah tempat tinggalnya dapat memberikan kontribusi penting bagi berkembangnya budaya yang mencerminkan kearifan lokal.

SMPN 2 Mandalawangi melaksanakan program tersebut pada hari Senin, 22 Januari 2023 dengan mengangkat tema kearifan lokal dengan topik Sampurasun Beas Perelek dan Mainan Tradisional. Tema tersebut dipilih sebagai wadah bagi para siswa untuk mengembangkan potensi dan melestarikan budaya lokal daerah setempat. Kegiatan ini dilakukan oleh kelas VII sebagai bentuk implementasi dari projek kurikulum merdeka. Kegiatan pada kali ini

adalah mempelajari kearifan lokal dan mainan tradisional. Dengan memahami budaya serta kekayaan daerahnya, siswa SMPN 2 Mandalawangi menjadi generasi yang peduli terhadap budaya daerah tempat tinggalnya. Selain itu juga semakin mampu dan bermartabat dalam menjaga eksistensi kekayaan budaya lokal. Kearifan lokal juga dapat dijadikan modal untuk membentuk karakter luhur suatu bangsa.  (NK)